Rabu, 04 Februari 2009

Gamers Bisa Harumkan Nama Indonesia
Andrian Fauzi - detikinet

ilustrasi gamer (ist)
Bandung - Bukan hanya atlet atau ilmuwan yang bisa mengharumkan nama bangsa di dunia internasional, gamers (sebutan untuk pemain game - red) juga bisa ikut andil dalam mengharumkan nama bangsa.

"Pada tahun 2008 ada salah satu perwakilan Indonesia yakni tim XCN yang memenangkan kompetisi DotA All Star se-Asia. Nah tahun ini kita ingin prestasi lebih dari itu," ujar Project Manager Make Your Dream Come True (MDCT) Felix Tanuwijaya kepada detikINET di sela-sela acara Every One Expo (Evex) 2009 di Be Mall, Jalan Naripan, Selasa (3/2/2009) sore.

Menurut Felix, saat ini telah ada perhatian dari pemerintah khususnya dari Menkominfo dan Mendiknas. "Setelah menang se-Asia baru ada perhatian. Kini mereka serius mencari bibit-bibit gamers yang akan dikirim dalam kompetisi tingkat internasional."

Lebih lanjut, Felix menuturkan bahwa games seringkali dipandang dari sisi negatinya. Padahal banyak sisi positif yang bisa diambil dalam games. Ditambah dengan adanya kompetisi games internasional, peran gamers dalam mengharumkan nama bangsa saat ini sejajar dengan atlet atau ilmuwan.

"Orang masih menganggap games hanya buang-buang waktu dan biaya. Padahal masih banyak sisi positifnya. Yang jelas games merangsang kreativitas seseorang, jika dilakukan pada porsinya dan bertanggung jawab," papar Felix.

Saat ini, tambah Felix, masih sulit untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang nilai positif dari games. Namun dirinya optimistis dalam waktu dekat, persepsi masyarakat terhadap games akan berubah.

"Games dapat meningkatkan kreativitas dan mengarahkan anak yang beranjak remaja dari hal-hal negatif ke arah yang lebih baik. Daripada mereka terkena narkoba, lebih baik mereka main games. Tapi dengan catatan bisa diarahkan, ada tanggung jawab saat bermain games," pungkasnya.

Tidak ada komentar: