Rabu, 04 Februari 2009

23 Pesawat Tempur Diturunkan Dalam Latgab TNI


Sukhoi TNI-AUPanglima Komando Tugas Udara (Koasud) Latgab TNI, Marsekal Muda TNI Yushan Sayuti di Balikpapan, Rabu mengatakan selain pesawat tempur, ada 25 pesawat angkut, 16 helikopter dan delapan pesawat VIP yang dikerahkan pada acara ini .

Yushan menjelaskan ia sudah melakukan pengecekan di tiga pangkalan tempat berlangsungnya Latgab yakni Batam, Pontianak dan Balikpapan.

“Saya lihat semuanya sudah berjalan dengan. Hanya saja masih ada sedikit kekurangan, contohnya dari segi personil,” kata Yushan. Dari segi personil, pihaknya akan melakukan penataan kembali, untuk menghindari terjadinya penumpukan personil.

F-16 TNI-AU“Hal ini disebabkan disini (Balikpapan red), masih kekurangan untuk tempat menginap, maka personil akan kita taruh di Malang dan Makassar,” tandasnya.

Pada Latgab yang dimulai pada 8 Juni 2008, TNI AU mengerahkan anggota sebanyak 3.860 personil. Untuk Kaltim latgab akan dilangsungkan di Sanggata, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Semua pesawat yang akan digunakan dalam Latgab ditaruh di Pangkalan Udara Sepinggan, Balikpapan.

Pada latgab tempur TNI ini, ada empat wilayah tempat pelaksanaan yakni Sanggata (Kaltim), Singkawang (Kalbar), Natuna dan Batam (Kepulauan Riau), terakhir kali Latgab TNI dilaksanakan tahun 1996.

Hawk TNI-AUDijelaskannya pula ada berbagai jenis amunisi yang akan digunakan yakni bom sebanyak 120 buah, MK 82 sebanyak 250 kilogram, NK 12 sebanyak 320 kilogram dan roket 266 buah.

“Pada latihan gabungan ini kita akan melakukan rangkaian operasi amfibi dan operasi laut gabungan dengan sasaran darat dan laut,” katanya.

Tidak ada komentar: